Pengertian Dan Tahapan Teknik Pembelajaran Role Playing

Selamat datang bagi teman - teman di Lontang Lantung, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada tentang Pengertian Dan Tahapan Teknik Pembelajaran Role Playing, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi bermanfaaat untuk kalian semua . Berikut Ini Pengertian Dan Tahapan Teknik Pembelajaran Role Playing Selengkapnya

lihat juga


Pengertian Dan Tahapan Teknik Pembelajaran Role Playing

Pengertian Dan Tahapan Teknik  Pembelajaran Role Playing - Menurut Jill Hadfield (Basri Syamsu, 2000) model pembelajaran role playing metode pembelajaran berbentuk permainan gerak yang didalamnya terdapat sistem, tujuan dan juga melibatkan unsur keceriaan. Dalam bermain peran para siswa  harus diarahkan pada suatu situasi dan kondisi tertentu seolah – olah mereka  berada di luar kelas, meskipun dalam kenyataannya ketika pembelajaran tetap terjadi di dalam kelas. 
Dalam tehnik ini guru dituntut mampu memberikan sebuah sekenario peran yang bisa membuat siswa merasa benar- benar menjadi seseorang yang diperankan olehnya. Sehingga dari peran ini siswa dapat mengambil pelajaran tentang apa yang sudah dia perankan.
Teknik ini merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan kejenuhan siswa yang mana bisa jadi siswa jenuh dengan metode atau teknik pembelajaran yang selama ini diterapkan didalam kelas mereka. Dengan adanya teknik ini bisa membawa angina segar kepada siswa sehingga siswa bisa kembali semangat untuk sekolah atau mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

B. Tahapan Pembelajaran Role Playing

Langkah-langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut :

  1. Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan.
  2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.
  3. Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang.
  4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai.
  5. Kemudian guru meminta  para siswa yang sudah ditunjuk untuk memerankan skenario yang sudah dipersiapkan.
  6. Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan.
  7. Setelah selesai perankan, para siswa diberikan lembar kerja untuk membahas/memberi penilaian atau komen atas penampilan masing-masing kelompok.
  8. Setelah itu Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya.
  9. Selanjutnya Guru memberikan kesimpulan secara umum.
  10. Setelah memberikan kesimpulan semua hasil di Evaluasi.
  11. Penutup.


C.  Keunggulan Metode Role Playing


Keunggulan Model Role Playing 
 Ada beberapa keunggulan dengan menggunakan metode role playing, di antaranya adalah:


  1. Merupakan pengalaman berkesanbagi siswa dan  menyenangkan sehingga sulit untuk dilupakan.
  2. Sangat menarik bagi siswa, sehingga memungkinkan kelas menjadi dinamis dan penuh antusias.
  3. Menumbuhkan rasa semangat untuk belajar  dalam diri siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan melalui pembelajaran yang menyenangkan.
  4. Siswa dapat terjun langsung untuk memerankan sesuatu yang akan di bahas dalam proses belajar.


Kelemahan Tehnik  Role Playing
Adapun yang menjadi kelemahan dari teknik pembelajaran role playing  adalah :


  1. Bermain peran memakan waktu yang banyak.
  2. Kesulitan siswa dalam memerankan peran 
  3. Bermain peran tidak akan berjalan dengan baik atau bisa jadi gagal apabila suasana kelas tidak begitu  mendukung.
  4. Jika siswa tidak dilatih dan diberi pengarahan dengan baik sangat besar  kemungkinan tidak akan melakukan secara sungguh-sungguh peran yang diperankannya.
  5. Tidak semua materi pelajaran dapat diajarkan  dengan menggunakan tehnik role palying.


Demikian penjelasan kami tentang Pengertian Dan Tahapan Teknik  Pembelajaran Role Playing, apabila pembaca memiliki kritik dan saran kepada kami, Silahkan kirim ke alamat situs kami. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.


Baca Juga :



Blogger
Disqus

No comments